Watu Giring

Sebuah objek wisata alam yang baru saja dibuka dan diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunung Kidul ini mendapat cukup banyak perhatian di Instagram. Watu Giring adalah sebuah bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di tempat oleh para penambang batu alam hingga menjadi seperti anak tangga atau heritage megalitikum.

Saat ini penambangan batu alam yang ada di Kecamatan Semanu tersebut sudah dihentikan dan meninggalkan jejak penambangan batu alam. Peninggalan tersebut terlihat bak karya yang unik dengan penyatuan alam yang khas akan pegunungan Gunung kidul.

Objek wisata Watu Giring yang berada di Semanu tersebut hampir mirip seperti yang ada di Bukit BreksiĀ Kalasan, Sleman. Yang membedakan adalah potongan-potongan dari batu alam yang diambil. Para penambang batu alam di Semanu memotong batuan alam tersebut dengan ukuran yang kecil-kecil dan memanjang, hal tersebut berbeda dengan penambang yang ada di Bukit Breksi. Para penambang batu alam di Bukit Breksi memotong batuan alamnya dengan ukuran yang besar-besar. Walau pun berbeda, keduanya tetap menawarkan keunikan tersendiri yang pernah dibuat oleh manusia.