Taman Tebing Breksi

Bingung mencari tempat yang asyik di Yogyakarta buat libur akhir pekan dan tahun baru? Datang saja ke Taman Tebing Breksi yang lagi ngehits banget akhir-akhir ini dikalangan anak muda Jogja. Memangnya apa seh daya tarik Tebing Breksi ini?

Tebing Breksi yang terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan ini menawarkan spot foto yang keren dan unik. Anda akan menemukan bongkahan bebatuan yang sebagian sengaja dipahat dengan ukiran yang cantik. Salah satunya adalah pahatan berbentuk wayang yang cocok sekali dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Bila dilihat secara sekilas, Bebatuan di Taman Tebing Breksi hampir mirip sengan Brown Canyon ikonnya wisata Semarang dan Green Canyon yang lagi ngetrend sebagai tempat wisata baru di Pangandaran. Perbedaannya mungkin terletak pada warna batuannya yang berwarna keabu-abuan.

Tak hanya bentuk bebatuannya yang indah, pemandangan di puncak tebing juga sangatlah menawan. Begitu sampai di puncak, Anda akan bisa melihat keindahan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi hingga Merbabu. Di Kaki Tebing Breksi terdapat Tlatar Seneng yang digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Karena di sekitar Taman Tebing Breksi tidak ada pohon sama sekali, maka bagi sobat traveler yang akan berkunjung kesini sebaiknya membawa topi, payung, dan sunblock. Bila Anda tak kuat panas, Anda bisa datang ke tebing ini ketika sore menjelang malam.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Tebing Breksi sangatlah murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Ada pun denah atau rute jalan menuju Taman Tebing Breksi bisa ditempuh melalui :

Kota Jogja – Jalan Jogja-Solo – Pasar Prambanan (sebelah selatan candi Prambanan) – Jalan Prambanan Piyungan – Petunjuk Arah Candi Ijo – Pertigaan sebelum SD N Sambirejo – Taman Tebing Breksi.