Pasar Seni Gabusan

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bantul tidak menyempatkan singgah di Pasar Seni Gabusan (PSG). Sentral berbagai barang kerajinan ini resmi dibuka pada 2004. Berbagai produk menarik bisa menjadi buah tangan. Di sini Anda dapat berbelanja aneka souvenir yang terbuat dari bambu, kayu, batu maupun kerajinan perak hingga oleh-oleh batik.

PSG berlokasi persis di sisi ruas Jalan Parangtritis. Tempatnya luas dan strategis. Sebagai “etalase”, PSG dibangun dengan konsep sebagai ruang pamer bertaraf internasional. Lengkap dengan berbagai fasilitas rekreasi keluarga.

Tiba di kompleks PSG, pengunjung langsung disambut deretan los yang menampung 400 perajin. Deretan los ini terlihat menawan serta unik. Setiap losnya tampil dengan cirinya masing-masing, seperti los kerajinan kulit, furniture, handycraft, gerabah maupun los batik. Ini memudahkan bagi siapapun pengunjung yang datang dapat langsung menuju los pilihannya. Misalnya, ingin mencari souvenir patung primitif, pengunjung bisa menuju los mix handycraft.

Selain menjadi sentral produk kerajinan serta karya seni, Pasar Seni Gabusan dengan lahan seluas 4,5 hektar, cocok pula untuk tempat singgah dan rehat. Tempatnya rindang dan luas. Demikian pula areal parkir. Masih di kawasan agak pinggiran, maka PSG menawarkan lingkungan yang masih segar dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Lebih pas dan nyaman, karena terdengar gemericik air sungai yang melintas di tengah lokasi Pasar Seni Gabusan.

Pasar Seni Gabusan, tak hanya menawarkan buah tangan. Anda ataupun rombongan yang ingin mengikuti workshop serta pelatihan, PSG siap memberikannya. Kelas workshop dan pelatihan tersebut meliputi workshop batik tulis dan kain jumputan, workshop kayu batik, workshop aneka kerajinan juga workshop gerabah. Kontribusiny cukup ringan hanya Rp 50.000,- dengan minimal peserta 30 orang.

Menuju Lokasi

Untuk singgah di Pasar Seni Gabusan sangat mudah baik ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun bus umum dan bus wisata. Pasar Seni Gabusan berjarak sekitar 10 km kearah selatan pusat kota Yogyakarta. Pasar Seni Gabusan tepatnya berada di Jalan Parangtritis km 9,5.
Fasilitas di PSG antara lain, ruang pamer, pusat informasi, tempat yang luas untuk mengadakan berbagai event maupun out bound, lengkap dengan kamar mandi umum berkapasitas 30 unit. Di sini dalam waktu tertentu sering pula dipakai untuk lomba burung ocehan serta perkutut.