Pantai Watulawang

Pantai Watulawang merupakan salah satu pantai yang terdapat di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangannya berupa bebatuan karang dengan pasir putihnya. Pantai ini diapit oleh dua pantai yang sudah terkenal lebih dahulu, yaitu Pantai Indrayanti yang terletak di sebelah Barat dan Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur pantai Watulawang ini.

disebut Pantai Watulawang karena di pantai ini terdapat gua batu yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan atau yang biasa disebut dengan upacara nyadran (upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriah atau kalender Islam). Dan pintu batu tersebut hanya terbuka dan bisa dimasuki oleh orang banyak pada acara adat nyadran itu saja. Menurut para sesepuh  goa yang menurut warga sekitar merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Disebut Goa Watulawang karena terdapat batu yang berbentuk seperti pintu yang berada di mulut goa tersebut.

Pantai Watulawang dibagi menjadi 2 bagian berdasar letaknya. Pada bagian pertama berada di sebelah barat dari goa dan areal pantai yang tidak terlalu luas. Sedangkan pada bagian kedua terletak di sebelah timur memiliki areal pantai yang lebih luas. Pada bagian Timur sering digunakan untuk kegiatan olah raga air.

Menurut beberapa sumber goa Watulawang tersebut sering dipergunakan untuk melangsungkan upacara adat sadranan atau nyadran ( Upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriyah atau Kalender Islam, Pintu batu tersebut hanya terbuka dan bisa dimasuki oleh orang pada saat upacara nyadran itu saja.