Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu merupakan wisata perbukitan di Dlingo Bantul yang memiliki daya tarik utama sebagai lokasi menikmati matahari terbenam atau sunset. Posisinya cukup strategis karena berdekatan dengan obyek wisata yang telah menjadi wisata unggulan seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Bukit ini dikembangkan menjadi kawasan wisata sejak awal tahun 2016 bersamaan dengan Hutan Pinus Dahromo, Hutan Pinus Pengger, dan Wisata Alam Watu Asah-Asah.

 

Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di daerah perbukitan Dlingo Bantul tepatnya bersebelahan dengan Hutan Pinus Dahromo. Ada dua rute atau akses jalan menuju ke lokasi Puncak Becici Dlingo, yang pertama melalui jalur Imogiri-Dlingo dari arah kabupaten Bantul dan yang kedua melalui jalur Patuk-Dlingo dari arah kabupaten Gunungkidul. Selisih kedua akses jalan bila ditempuh dari pusat kota Yogyakarta tidak berbeda jauh karena letak Bukit Lintang Sewu berada tengah-tengah jalan dari kedua akses jalan tersebut. Namun rute pertama banyak dipilih wisatawan karena melewati beberapa kawasan wisata yang sudah cukup dikenal seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Posisi Bukit Lintang Sewu berada setelah Hutan Pinus Mangunan dan sebelum Hutan Pinus Dahromo.

Nama Bukit Lintang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya bukit seribu bintang (lintang: bintang, sewu: seribu). Asal-usul pemberian nama lokasi ini didasari ketika malam hari di bukit ini terlihat dengan jelas bintang-bintang di angkasa yang jumlahnya ribuan. Pemberian nama ini memiliki kemiripan nama dengan daya tarik wisata yang tidak jauh dari bukit tersebut yaitu Bukit Bintang di perbatasan Piyungan Bantul dan Patuk Gunungkidul. Selain itu penggunaan nama Bukit Lintang juga digunakan lebih dahulu di daerah lain seperti Bukit Lintang di Kabupaten Tanah Laut, Kota Pelaihari, Kalimantan Selatan. Kesamaan dan kemiripan nama tersebut sepertinya tidak disengaja karena (mungkin) memiliki asal-usul pemberian nama yang hampir sama.

Pemandangan dari puncak Bukit Lintang Sewu cukup menarik karena dari tempat ini dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan. Bila melihat ke arah bawah akan terlihat bukit-bukit yang posisinya lebih rendah. Bila cuaca sedang cerah dan langit sedang bersih akan terlihat jajaran pegunungan Menoreh, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi dari atas bukit ini. Peristiwa matahari terbenam atau sunset terlihat dengan jelas dari Bukit Lintang Sewu karena posisi bukit menghadap ke arah barat dan tidak ada penghalang apapun di depannya. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini hampir sama dengan Puncak Pinus Becici karena kedua bukit tersebut berdiri bersebelahan dan memiliki sudut pemandangan yang hampir sama. Untuk peristiwa sunrise atau matahari terbit, bukit ini kurang cocok dan pengunjung dipersilakan menikmatinya di wisata perbukitan lain seperti Bukit Panguk Kediwung, Tebing Watu Mabur, Bukit Mangunan, Tebing Watu Lawang, dan sebagainya.

Keberadaan jembatan bambu sepertinya menjadi salah satu syarat wajib obyek wisata di perbukitan Bantul dan itu berlaku juga di Bukit Lintang Sewu. Di obyek wisata ini disediakan sebuah jembatan bambu dan gardu pandang dari bambu untuk menambah daya tarik wisata. Pengunjung diminta bergantian untuk berfoto diatas jembatan karena ada batasan maksimal orang yang menaiki jembatan tersebut. Sebuah jembatan bambu yang mengarah ke jurang atau tebing memiliki bentuk yang mirip seperti jembatan bambu di Wisata Alam Watu Lawang. Hanya saja pemandangannya sedikit berbeda tanpa adanya aliran sungai dibawahnya. Saat ini belum dikenakan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas yang ada di sekitar tempat ini.

Daya tarik lain Bukit Lintang Sewu Dlingo yang ditawarkan pengelola antara lain lokasi berkemah (camping ground), lokasi outbound, wisata malam, dan taman di alam. Fasilitas pendukung wisata yang dibangun sudah cukup lengkap dan tertata dengan baik. Secara keseluruhan Bukit Lintang Sewu dapat menjadi salah satu pilihan menikmati matahari terbenam atau sunset diantara Puncak Pinus Becici, Hutan Pinus Dahromo, Watu Amben, dan bukit-bukit lain yang ada disekitarnya.