Air Terjun Tuwondo

Lemah abang adalah sebuah dusun kecil yang terletak di sebelah timur kota bantul, Yogyakarta. Berdampingan dengan pegunungan yang hijau memukau, membuat dusun lemah Abang terlihat asri, sejuk , dan bersih dari polusi udara. Desa yang hanya mempunyi luas sekitar 15000 m2 yang dihuni 250an penduduk terasa begitu kompleks dengan wahana alam yang ada.

Selain pemandangan yang hijau, di dusun Lemah abang juga terdapat air terjun yang sangat elok dan sejuk. Nama dari air terjun itu adalah air terjun GROJOGAN  TUWONDO yang tingginya mencapai kurang lebih 25 meter dari puncak, konon kata simbah-simbah warga Lemah Abang jaman dahulu air terjun itu ketika mengalir seperti  “mengerojok” atau dalam bahasa indonesiannya “mengelegar”, jadi air terjun itu  diberi nama Gerojokan, dan TUWONDO itu karena tempat air terjun itu terlihat seperti  undak-undakan batu tangga , dan dalam bahasa jawa namanya WATU atau BATU dan ONDO atau TANGGA, dan karena orang jawa jaman dahulu sering menggunakan endahing suworo ing panemu atau memperindah suatu makna atau kata, jadi ada huruf ‘W’ didalam kata “Tuwondo” dan akhirnya air terjun tersebut dinamakan “Grojogan Tuwondo”. Sayag, air terjun Gerojokan hanya mengalir pada saat musim penghujan saja karena pasokan air yang akan mengalir melewatinya akan kering pada saat musim kemarau.

Walaupun air terjun Gerojokan mengalir hanya pada saat musim penghujan saja, namun pemandangan yang diberikan tak kalah jauh dengan panorama alam lain didaerah bantul. Terbukti ketika musim penghujan tiba, banyak orang-orang dari wilayah lain berkunjung untuk menikmati pemandangan alam dan air terjun Gerojokan itu. Bahkan untuk akhir-akhir ini ribuan pengunjung saling sili berganti menikmati indahnya pesona alam yang diberikan oleh air terjun ini. Dari media masa, radio, televisi kini juga tidak henti-hentinya meliput, mencari informasi dan menjembatani antara calon pengunjung dengan keindahan yang ada.

Untuk lokasi Dusun Lemah Abang sendiri tidak begitu sulit ditemukan, dari Jl.Jogja-Wonosari km 8,5 atau sampai Kids Funds, nanti ke timur sedikit ada perempatan lampu merah sampakan, nanti belok ke selatan atau ke arah PLERET, nanti ikuti jalan tersebut lurus saja sampai area industri BANYAKAN kurang lebih 5km, nanti setelah belokan pertama lihat plakat Alumuniun & Kaca Banyakan, ada gang kecil masuk saja ikuti jalan tersebut, sekitar 50m ada pertigaan kecil ambil yang kiri, nanti melewati persawahan kurang lebih 1km, itu sudah sampai Dusun Lemah Abang, tinggal ikuti Petunjuk Arah saja. Karena di dusun Lemah Abang memang masih kental dengan adat jawa, disarankan untuk pengunjung semua bisa tetap menghormati dan sopan saat berkunjung ke desa wisata tersebut.